Assalammu'alaikum semua ^.^

Assalammu'alaikum semua ^.^

bismillahirrahmanirrahim

selamat datang di blog-ku, sekedar salah satu wadah untuk meluahkan perasaan dan berbagi beberapa perkara yang diharapkan dapat bermanfaat untuk semua. Tolong tinggalkan komen agar dapat membangun lebih baik lagi. Terima kasih salam hangat^.^

Saturday, August 22, 2009

beRbaGiLahhh

Memberi memang suatu hal yang disunahkan Rasulullah SAW pada umatnya. Berbagi dengan sesama dapat mengeratkan silaturrahim antara kita, karena dengan memberi dapat menggambarkan rasa empati, simpati juga kebersamaan. Memberi kadang terlihat simpel dan mudah untuk dilakukan, ya memang mudah untuk memberi, tapi tentunya kita mau memberi yang berkualitas bukan??. Maksud berkualitas disini bukan hanya dari apa yang kita beri tapi juga bagaimana dan sejauhmana keikhlasan kita dalam memberi.

Pemberian yang paling minimal yang kita beri, bisa jadi seulas senyuman atau kata2 baik yang tidak menyakitkan dan juga mungkin tenaga kita. Mulailah dari hal yang kecil dan biasakan sehingga lama kelamaan bisa berbagi dalam bentuk yang besar. Senyuman yang tulus dapat dirasakan oleh seseorang, untuk itu apabila kita memberi senyum kepada teman maka boleh jadi membuat hatinya gembira. Dan sebaliknya jika senyum yang diukirkan menggambarkan ketidakihklasan dan terkesan “sunggingan” maka itu juga akan berakibat tidak baik.

Sering kita mendengar kalimat mempertahankan lebih sulit daripada mendapatkan. Saat kita memberi dimana mungkin situasi pada saat itu memang mendukung, jadi keikhlasan kita dapat muncul. Namun di lain waktu, mungkin suatu ketika terdapat selisih paham atau saat orang yang kita beri tidak mau memberi apa yang kita harapkan darinya untuk kita, nah adakah keikhlasan yang pernah muncul dapat kita pertahankan??. Sulit memang, karena lumrah sebagai manusia terkadang sifat ego muncul sehingga mungkin terkesan mengungkit lagi pemberian yang pernah kita berikan, namun sebisa mungkin kita harus dapat mengontrolnya sehingga tidak timbul rasa mengingat2 atau mengungkit2 kebaikan.

Baginda Rasulullah SAW merupakan tauladan yang paling unggul. Beliau senantiasa memberi, walaupun kehidupannya sendiri sangat sederhana. Asap dapur rumahnya sangat jarang mengepul, beliau juga pernah memberikan jubah kesayangannya, beliau selalu menyuapkan makan pada seorang pengemis buta yang selalu menjelek2annya. Mampukah kita??, ya kita memang manusia biasa bukan seorang Rasul, namun marilah bersama kita mencoba untuk mencontoh tauladan beliau. Tidak ada yang kekal di dunia ini, untuk apa kita banyak2 mengumpul dan menyimpan harta sedangkan di sekeliling kita masih berhamparan saudara2 kita yang tidak makan. Memang menyimpan bekal itu penting, tapi alangkah baiknya apabila kita imbangi dengan berbagi terhadap sesama.

Kalau kita perhatikan di dunia ini memang diciptakan berpasang2an, hitam dan putih, suka dan duka, sakit dan sehat, pun dengan apa yang kita lakukan akan ada balasannya. Apabila kita rajin memberi maka rezekinya akan datang dari sudut yang tidak disangka2. Yakinlah harta kita tidak akan habis hanya karena mengganjal perut beberapa orang saudara kita yang jarang makan atau membantu teman yang sedang kesusahan. Rezeki juga tidak selalu dalam bentuk materi, bisa juga Allah mengganti kebaikan yang kita lakukan dengan hidayahNya atau membuka hati kita untuk selalu terpaut dalam cintaNya atau Dia memberi kesuksesan dan keselamatan pada kita. Dia Maha Tahu dan Maha Memberi. Jadi, yok kita mulaikan kebiasaan memberi.=)

No comments:

Post a Comment