Assalammu'alaikum semua ^.^

Assalammu'alaikum semua ^.^

bismillahirrahmanirrahim

selamat datang di blog-ku, sekedar salah satu wadah untuk meluahkan perasaan dan berbagi beberapa perkara yang diharapkan dapat bermanfaat untuk semua. Tolong tinggalkan komen agar dapat membangun lebih baik lagi. Terima kasih salam hangat^.^

Saturday, August 22, 2009

11 hal yang biasanya dilupakan ttg RamaDhan

..Marhaban yaa Ramadhan..

Assalammu’alaikum saudara saudari sebangsa dan setanah air serta seaqidah..

Gak terasa ya, perasaan baru aja beberapa waktu lalu kita sahur terus bubar alias buka bareng temen, juga keluarga terus sibuk shopping nyari baju baru buat lebaran, next hari kemenangan tiba, dengan senyum terukir di wajah, kita tak lelah menghaturkan kata maaf dan bersalam2an kepada ortu, adik, kakak, kluarga, tetangga, temen2 n smuanya deh. Pokoknya seneng banget udah berusaha melawan hawa nafsu, menang ato kalah nih??yang penting ikhtiar ya. Dan kini Ramadhan sudah di depan mata. Masa begitu cepat berlalu, wah adakah kiamat udah deket? Kan salah satu tanda kiamat adalah waktu berlalu begitu cepat. Kalo bener, wuihh kudu cepetan nih nambah bekal buat perjalanan yang lebih kekal (akhirat).

Hmm, Alhamdulillah puji syukur kepada Allah swt, karena kita masih diberi kesempatan untuk menikmati bulan mulia nan penuh berkah dan keampunan ini. Adakah tahun depan atau berikutnya kita berjumpa lagi dengannya?? Wallahu a’lam. Kemarin dah lewat, besok lum pasti dan hari ini adalah kesempatan. Jadi, yok sama2 kita manfaatkan kesempatan yang diberi Allah bagi menikmati Ramadhan kali ini. Ramadhan merupakan bulan spesial, karena di bulan inilah Allah SWT mencurahkan nikmatNya lebih banyak. Pahala yang diberi Allah pada bulan ini gak tanggung2 lho, ibadah sunah aja dinilai wajib, apalagi yang wajib, wuihh banyak banged kan. Lha tidur saat berpuasa aja dinilai ibadah, tapi jangan tidur mulu seharian puasa. Pokoknya banyak banged hal spesial yang bikin Ramadhan ini juga jadi istimewa . Nah berikut beberapa hal yang sering dilupakan orang mengenai Ramadhan, yaa wajar manusia kan tempat khilaf dan lupa, eitzz tapi sekarang dah diingetin jadi gak ada alasan lagi ya.

Ramadhan merupakan.....

  1. Bulan Allah SWT

Ada hadis yang mengatakan bahwa, semua amalan adalah untuk manusia kecuali puasa. Selain itu dengan berpuasa maka pintu neraka ditutup dan pintu syurga dibuka. Ada salah satu jannah (syurga) yang namanya Rayyn, syurga ini dimasuki oleh orang2 yang ikhlas berpuasa karena Allah.

  1. Bulan diturunkan Alqur’an

Seperti yang kita tahu Alqur’an diturunkan pada 17 Ramadhan yang kita kenal sebagai Nuzul Qur’an. Alqur’an merupakan pedoman kita dalam menjalani kehidupan di dunia ini untuk selamat di dunia juga menggapai akhirat yang abadi.

  1. Bulan kesabaran

Pribadi muslim benar-benar dilatih. Contohnya, saat kita berpuasa kita harus bersabar menunggu waktu berbuka sampai matahari tenggelam. Kalo mau marah, upss inget lagi puasa nih, sabar, sabar.^-^

  1. Bulan Keikhlasan

Puasa full, khatam qur’an, tarawih rajin, sholat sunah ok, apalagi wajibnya wuihh sipp abiz,,hmm gak bolong2 dahh. Woww t.o.p b.g.t, but ikhlas atau riya’ nih?. Memang keikhlasan hanya Allah swt yang tahu. Tetapi kita kudu berusaha mengerjakan ibadah Lillahita’ala biar lebih afdhol pahalanya.

  1. Bulan Rahmat

Di bulan ini Sang Dhaarru (Yang Maha Pemberi) banyak melimpahkan rahmatNya, bahkan sebagian orang menyebut Ramadhan sebagai bulan dimana hidayahNya bertaburan dimana-mana. Untuk itu tingkatkan munajat kita padaNya. Lha kalo mau sesuatu ama ortu atau temen aja kita terkadang berbuat baik ama mereka, apalagi ama Allah swt, kita harus gencar pedekate dong. Ini bukan berarti Allah membutuhkan munajat kita, tapi sebagai hamba, kita memang memerlukanNya.

  1. Bulan Pembebas Dari Api Neraka

Dengan amal ibadah yang kerap kita kerjakan dan disertai taubat, insya Allah dosa kita akan diampuniNya. Ingat Allah Maha Pengampun, semua dosa akan diampuniNya kecuali syirik. Dalam Ramadhan pintu neraka ditutup serapat-rapatnya dan pintu syurga dibuka seluas-luasnya, makanya kita kudu beramal ibadah dengan optimal, sehingga insya Allah pintu neraka benar-benar rapat tertutu[ buat kita. (**Amin)

  1. Bulan Tilawah

Berkaitan dengan point nomor 2, kalau bisa kita memanfaatkan waktu luang dengan membaca serta memahami Alqur’an (baca juga terjemahannya). Lebih bagus kalo kita membuat target. Contohnya setiap selesai sholat wajib kita usahakan untuk membaca Alqur’an, minimal 2 halaman. Semua bergantung pada kemampuan masing-masing. Allah gak cuma menilai hasil (kuantitas) tapi lebih kepada prosesnya (kualitas).

  1. Bulan Kembali Kepada Fitrah

Apabila kita sudah bersungguh2 dalam beribadah dan bertaubat maka insya Allah kita akan kembali kepada fitrah (suci) karena Allah mengampunkan dosa-dosa kita.

  1. Bulan Jihad

Syaitan emang diikat sewaktu bulan Ramadhan, tapi kok masih ada yang berbuat gak baik ya?. Kasian syaitan disalahin mulu,hehe. Jangan heran mengapa kita terkadang masih tergoda, sebenarnya sebab utamanya adalah diri kita sendiri, hawa nafsu. Syaitan ya bekerja sama dengan hawa nafsu ini. Jadi walaupun syaitan diikat, hawa nafsu masih melekat dalam diri kita, ups jangan pesimis dulu. Ada bukan berarti gak bisa dikendalikan. Bisa kok, dengan cara berjuang melawannya. Musuh terbesar adalah diri sendiri. You are what you think (Albert Ellis).

  1. Bulan Tarbiyah/Pendidikan

Tarbiyah buat diri sendiri, juga orang lain. Di bulan inilah kita belajar sabar, konsekuaen, jujur, memaafkan dan lainnya.

  1. Bulan Da’wah

Sebaik2 manusia adalah yang bermanfaat buat orang lain, Rasulullah SAW berkata demikian. Jadi kalo bisa jangan cuma meningkatkan iman dan taqwa buat diri sendiri, kan lebih seru kalo masuk surga rame2, ama ortu, ama kluarga juga temen2. Bukankan kita memang disuruh untuk saling mengingati dan mengajak dalam kebaikan. Semua memang butuh proses, gak perlu memaksakan harus langsung menyingsing lengan baju dan berhalal-haram ke orang lain, gak gitu juga. Sedikit tapi pasti, ilmu yang kita ada sekarang kalo bisa ditransfer ama yang laen, minimal orang2 terdekat kita. Seiring dengan waktu kita juga berusaha untuk menambah ilmu kita, sehingga amal bisa lebih baik.

Nah, sedikit banyak udah tau kan tentang Ramadhan, mari kita sama2 berusaha agar pepatah lama ”menyesal datang di akhir” gak mampir ke kita, sayang lho bulan mulia ini dilewatkan ato gak optimal dalam ibadah. Gimana? Ya dengan prepare sebaik2nya di awal sehingga insya Allah bisa menjalani dengan baik pula dan mendapat hasil yang ok. Yang penting usaha, hasil biar Allah Azza Wa Jalla yang menentukan, kan Dia Maha Tahu dan Adil.

Marhaban yaa Ramadhan, selamat menjalankan ibadah buat sodara sodari sekalian, semoga amal ibadah kita bisa maksimal dan diterimaNya. Amin.


sumber
salah satu buku Indo (gak tw judulnya, cz nih d bahas pas usroh ma kak wan)

6 comments:

  1. hal terpenting yang harus di perhatikan
    http://student.blog.dinus.ac.id/biayakuliahmurah/2017/09/05/universitas-dian-nuswantoro-jawa-tengah/

    ReplyDelete
  2. kuliah dengan biaya murah
    http://student.blog.dinus.ac.id/biayakuliahmurah/2017/09/06/universitas-termurah-di-jakarta/

    ReplyDelete
  3. jangan mengkhawatirkan biaya kuliah
    http://student.blog.dinus.ac.id/biayakuliahmurah/2017/09/07/universitas-termurah-di-jawa-barat/

    ReplyDelete
  4. pastikan kamu yakin untuk melanjutkan kuliah
    http://student.blog.dinus.ac.id/biayakuliahmurah/2017/09/08/universitas-negeri-termurah-di-indonesia/

    ReplyDelete
  5. belajar dengan tenang
    http://student.blog.dinus.ac.id/biayakuliahmurah/2017/09/05/universitas-dian-nuswantoro-jawa-tengah/

    ReplyDelete
  6. biaya kuliah murah dan berkualitas
    http://student.blog.dinus.ac.id/biayakuliahmurah/2017/09/06/universitas-termurah-di-jakarta/

    ReplyDelete