Assalammu'alaikum semua ^.^

Assalammu'alaikum semua ^.^

bismillahirrahmanirrahim

selamat datang di blog-ku, sekedar salah satu wadah untuk meluahkan perasaan dan berbagi beberapa perkara yang diharapkan dapat bermanfaat untuk semua. Tolong tinggalkan komen agar dapat membangun lebih baik lagi. Terima kasih salam hangat^.^

Tuesday, August 17, 2010

segudang khasiat kurma


bismillah...

“Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu kearahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah, ‘Sesungguhnya aku telah bernadzar berpuasa untuk Rabb Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini.”
(QS. Maryam : 25-26)

rasanya, bulan ramadhan memang sangat identik dengan kurma. akan kurang komplit apabila berbuka tanpa kurma. hal ini karena memakan kurma ketika berbuka merupakan sunah Rasul. kurma yang dalam bahasa latinnya phoenix dactilifera terbagi kepada 2 jenis yaitu yang kering (tamr) dan basah (ruthab). sahabat sekalian tahukah, ternyata buah kesukaan Rasulullah ini memiliki begitu banyak manfaat. dari beberapa sumber dan kajian berikut ini kebaikan kurma untuk kesehatan:

1. kurma kering mengandung lebih kurang 70% kadar gula sedangkan kurma basah 60%, gula merupakan salah satu kandungan yang diperlukan orang berpuasa bagi mempertahankan daya tahan tubuh. kurma mengandung banyak nutrisi juga vitamin. seperti Vitamin A, thiamin, riboflavin, zat besi, vitamin B. Riboflavin dan niasin, akan membantu melepaskan energi dari makanan, sementara thiamin membantu melepaskan energi dari karbohidrat. vitamin A dan niasin akan membantu menjaga dan membentuk kulit yang sehat, Vitamin A dapat memelihara kelembaban dan kejelian mata, menguatkan penglihatan, pertumbuhan tulang, metabolisme lemak, kekebalan terhadap infeksi, niasin memainkan peranan dalam membentuk dan memelihara kulit yang sehat. Thiamin penting bagi sel-sel saraf, sementara niasin menjaga fungsi normal saraf, kurma dapat menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok. Oleh karena itu, para dokter menganjurkan untuk memberikan beberapa buah kurma di pagi hari kepada anak-anak dan orang yang lanjut usia, agar kondisi kejiwaannya lebih baik.

2. serat yang terdapat pada kurma adalah baik untuk pencernaan, membuat usus menjadi lunak dan mengaktifkannya sehingga secara alamiah seseorang secara mudah dapat buang air besar. Jadi kurma bisa membantu proses pencernaan tidak tersendat selama bulan puasa. selain itu seratnya juga dapat membuat perut cepat kenyang. untuk itu seperti yang kita tahu terkadang selepas berbuka puasa dengan air putih, kurma dan sedikit juadah ringan maka kita dapat terus melaksanakan sholat maghrib (sebelum menyantap makanan berta/menu utama)

3. zat tannin yang tinggi dalam kurma dapat digunakan sebagai anti diare. selain itu juga digunakan untuk obat flu, radang tenggorokan, mabuk dan meningkatkan kadar trombosit bagi seseorang yang terkena serangan demam berdarah. caranya adalah 500gram kurma yang telah dibuang kulitnya diblender dicampur dengan 5 gelas air putih, blender sampai halus. zat salisilat pada kurma juga dapat membantu meringankan rasa sakit kepala dan demam.

4. Kandungan lemak pada kurma juga bisa diabaikan. Namun, karbohidratnya yang tinggi membuat buah ini bisa menyediakan energi yang tinggi pula. Malah paling tinggi diantara keluarga besar buah-buahan. Keunggulan lainnya, kurma mengandung zat gizi penting bagi fungsi tubuh, terutama jantung dan pembuluh darah, yaitu kalium. Fungsi mineral ini membuat denyut jantung makin teratur, mengaktifkan kontraksi otot, serta membantu mengatur tekanan darah. dapat mencegah serangan stroke.



5. kurma juga memiliki kelebihan yang tinggi bagi ibu hamil dan menyusui, Tamr (kurma kering) berfungsi untuk menguatkan sel-sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus dan menguatkan rahim terutama ketika melahirkan. Buah kurma kaya dengan zat garam mineral yang menetralisasi asam, seperti Kalsium dan Potasium. Buah kurma adalah makanan terbaik untuk menetralisasi zat asam yang ada pada perut karena meninggalkan sisa yang mampu menetralisasi asam setelah dikunyah dan dicerna yang timbul akibat mengkonsumsi protein seperti ikan dan telur.

6. menurut Dokter Muhammad An-Nasimi dalam kitabnya, Ath-Thibb An-Nabawy wal Ilmil Hadits (II/293-294) “salah satu hikmah dari ayat dalam surat Maryam ialah perempuan hamil yang akan melahirkan sangat memerlukan minuman dan makanan yang kaya akan unsur gula, hal ini karena banyaknya kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan bayi, terlebih lagi apabila hal itu membutuhkan waktu yang lama. Kandungan gula dan vitamin B1 sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolenya (kontraksi jantung ketika darah dippompa ke pembuluh nadi). Dan kedua unsur itu banyak terkandung dalam ruthab (kurma basah). Kandungan gula dalam ruthab sangat mudah untuk dicerna dengan cepat oleh tubuh.”

seperti yang disebutkan pada poin nomor 1 bahwa kurma sangat kaya dengan unsur gula, Kalsium dan besi. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi perempuan yang sedang hamil dan yang akan melahirkan, bahkan Allah SWT memerintahkan kepada Maryam Al-Adzra (perawan) untuk memakannya ketika sedang nifas (setelah melahirkan). Kadar besi dan Kalsium yang dikandung buah kurma matang sangat mencukupi dan penting sekali dalam proses pembentukan air susu ibu. Kadar zat besi dan Kalsium yang dikandung buah kurma dapat menggantikan tenaga ibu yang terkuras saat melahirkan atau menyusui. Zat besi dan Kalsium merpuakan dua unsur efektif dan penting bagi pertumbuhan bayi. Alasannya , dua unsur ini merupakan unsur yang paling berpengaruh dalam pembentukan darah dan tulang sumsum.


7. Ruthab (kurma basah) mencegah terjadi pendarahan bagi perempuan-perempuan ketika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sedia kala sebelum waktu hamil yang berikutnya. Hal ini karena dalam kurma segar terkandung hormon yang menyerupai hormon oxytocine yang dapat membantu proses kalahiran. Hormon oxytocine adalah hormon yang salah satu fungsinya membantu ketika wanita atau pun hewan betina melahirkan dan menyusui. Memudahkan persalinan dan membantu keselamatan sang ibu dan bayinya.

hmm, subhanallah kan ternyata banyak banget fungsi/manfaat dari buah imut dan manis asal jazirah arab ini. jadi, yuk jangan lupa mengkonsumsi kurma khususnya pada bulan mulia ini selain berguna bagi kesehatan tentunya niatkan untuk mengikuti sunah Rasul, menyelam sambil minum air. =)

-pelbagai sumber-

No comments:

Post a Comment