Assalammu'alaikum semua ^.^

Assalammu'alaikum semua ^.^

bismillahirrahmanirrahim

selamat datang di blog-ku, sekedar salah satu wadah untuk meluahkan perasaan dan berbagi beberapa perkara yang diharapkan dapat bermanfaat untuk semua. Tolong tinggalkan komen agar dapat membangun lebih baik lagi. Terima kasih salam hangat^.^

Friday, January 15, 2010

pilihan

hidup dipenuhi dengan proses memilih. memilih untuk menjadi orang baik atau buruk, untuk berprestasi atau biasa2 aja, untuk rajin ibadah atau malas-malasan, mau ambil jurusan sains atau sosial atau seni, dan berbagai aspek kehidupan lainnya yang mengharuskan kita untuk memilih. seperti firman Allah :

"dan jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya), maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya, sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya." (QS. Asy-Syams:7-10)

Allah telah menciptakan manusia dengan sebaik2nya dan paling sempurna diantara makhlukNya,

"Sesungguhnya Kami ciptakan manusia dengan sebaik2 kejadian." (QS. At-Tiin : 4)

seperti yang dituturkan Imam Ghazali bahwa manusia terdiri dari 2 komponen, yaitu jasmani dan rohani, rohani pula terbagi 4:

1. Aql, akal fikiran

2. Qalb, hati

3. Nafs, nafsu (amarah, lawamah, muthmainnah)

4. Ruh

dengan berpadunya komponen2 tersebut manusia dapat berfungsi sebagaimana mestinya, yakni menjalankan tanggung jawab sebagai khalifah bagi memakmurkan bumi (habluminannas) dan mengabdi pada Allah (habluminallah). manusia dapat berfikir, merasa dan mempertimbangkan apa yang harus ia lakukan, seperti apa, bagaimana, berdasarkan apa ia melakukan sesuatu.

di era globalisasi ini gerak gerik kita begitu dipermudah. tidak seperti beberapa puluh tahun lalu, saat mengaji harus dalam gelap dan berjalan jauh ke rumah guru ngaji, kini kita bisa memanggil guru ngaji privat bahkan bisa belajar manual banyak buku bertebaran terlebih lagi melalui teknologi yang ada seperti melalui internet, mp3 juga mp4. namun sayangnya kemudahan yang ada justru kebanyakan digunakan untuk sekedar "have fun" yang semakin melarutkan dan melalaikan. jadi dengan segala pilihan yang ada, kembali ke diri masing2 untuk pintar2 dalam memilah2 apa yang sepatutnya digunakan dan dilakukan.

untuk itu sobat sekalian jalan mana yang kau pilih?. jangan segan untuk melakukan kebaikan hanya karena takut dibilang gak gaul, ketinggalan jaman, kuno, basi dsb, yang penting jika kita berjalan dengan panduan Qur'an dan Sunah insya Allah kita akan selamat di destinasi akhir nanti (akhirat). ingatlah dunia ini penuh dengan fatamorgana nan sesaat.

No comments:

Post a Comment