Assalammu'alaikum semua ^.^

Assalammu'alaikum semua ^.^

bismillahirrahmanirrahim

selamat datang di blog-ku, sekedar salah satu wadah untuk meluahkan perasaan dan berbagi beberapa perkara yang diharapkan dapat bermanfaat untuk semua. Tolong tinggalkan komen agar dapat membangun lebih baik lagi. Terima kasih salam hangat^.^

Tuesday, November 23, 2010

menjadi lebih baik

Bismillah

Belakangan aku punya kebiasaan baru yaitu memberi ucapan slamat ulang tahun kepada temen2 dari FB baik yang kukenal atopun gak kukenal. Rasanya seneng aja bisa mendoakan sekaligus mengingatkan, umur yang bertambah=jatah yang berkurang. Aku juga mulai membiasakan memberi doa "moga makin soleh/solehah ya". kebanyakan dari temen2ku itu bakal nge-likes komenku. padahal mereka kebanyakan ammah dan suka 'bersosial'. tapi toh, saat didoakan spya bisa lebih baik khususnya menjadi lebih soleh/soleha, banyak yang suka. jadi aku menarik benang putih (hehe gak mau benang merah) bahwa manusia itu slalu ingin menjadi lebih baik.

Sejahat-jahatnya seorang koruptor sepertinya dia ingin kalau anaknya menjadi anak yang baik. Begitu pula dengan pencuri, perampok, pecandu, pemabuk dan sebagainya jika ditanya apakah ingin terus begitu kebanyakan menjawab ‘aku sebenarnya ingin berubah lebih baik, tapi…’. Nah, permasalahannya terletak pada tapi dan tapi ini yang merupakan alasan-alasan manusia menghalalkan perbuatannya (berdasarkan nafsu dan kurangnya iman).

‘Saya tau merampok itu dosa, tapi kalo gak merampok gimana ngasih makan anak dan istri saya’

‘saya tau, korupsi itu salah, tapi istri dan anak saya menuntut ini dan itu, ini dan itu nya itu gak murah yahh demi membahagiakan keluarga’...

Huff…*ngasih makan keluarga dari duit gak halal, lalu menjadi darah daging dan mempengaruhi sikap, perasaaan, pemikiran dan hati seseorang sehinggalah terhasil tingkah laku yang macem2...

well, skali lagi setiap orang memang mau menjadi lebih baik. Seperti pendapatnya Maslow dan Rogers bahwa manusia akan selalu berusaha mencapai kesempurnaan kendiri. Tapi , pertanyaan seterusnya bagaimana usaha untuk mencapai lebih baik itu, dan apakah bingkai/koridor usaha untuk itu tetap berada dalam kebenaran?. Konteks lebih baik adalh luas, boleh jadi dari segi kualitas diri (sikap, pemikiran, kawalan emosi dan sebagaianya) atau bisa juga habluminallah (peningkatan kualitas dan kuantitas ibadah) serta habluminallah (menjadi lebih sering senyum/ ramah, dan membantu orang lain atau mengurangkan suudzon, ghibah dll). Jadi arti sebenar pada 'lebih baik' adalah apabila adanya pencapaian, peningkatan ataupun perbaikan diri tetap dalam bingkai agama.

''Hendaklah setiap diri memperhatikan (melakukan introspeksi) tentang apa-apa yang telah diperbuatnya untuk menghadapi hari esok (alam akhirat).''(QS 59:18)

“Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS 2: 148)

hmm,, smoga bisa slalu berusaha untuk berbuat kebaikan dan menjadi lebih baik.Amin.=)

No comments:

Post a Comment